-->

Resep Sambal Jengkol Balado Pedas

Resep Dapur Resepi - Kali ini resep yang akan kita pelajari sangat istimewa, yaitu Resep Sambal Jengkol Balado Pedas. Jengkol adalah salah satu tumbuhan khas Asia Tenggara, dikenal juga dengan nama jering. Mendengar nama jengkol, sudah terbayang aroma khas dari buah yang satu ini, tapi tak sedikit juga orang yang menyukai hidangan dari bahan pangan satu ini. Namun dibalik aroma yang untuk sebagian orang menjadi masalah, ternyata jengkol mengandung khasiat. Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan baik untuk kesehatan jantung. Dan tumbuhan jengkol juga mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam menyerap air tanah, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai media konservasi air disuatu tempat.

Tapi hati-hati juga, terlalu banyak mengkonsumsi jengkol dalam beberapa kasus dapat menyebabkan masalah pada buang air, sering kita dengar dengan nama jengkolan. Penyebabnya adalah penumpukan kristal disaluran kencing yang disebabkan oleh asam jengkolat yang tinggi yang sukar larut dalam air dengan ph yang asam. Namun resiko terkena jengkolan ini bervariasi setiap orang dan dipengaruhi secara genetik dan oleh lingkungan. Ada yang makan sedikit saja sudah biasa terkena jengkolan, dan ada juga yang makan banyak namun tidak terkena jengkolan.

Sedikit informasi di atas semoga bermanfaat. Dan langsung saja kita menuju cara pembuatan Resep Sambal Jengkol Balado Pedas.


Cara membuat sambal jengkol

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram jengkol yang telah dikupas kulitnya, gunakan jengkol yang tua. Jengkol muda lebih cocok untuk dimakan
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 1 buah tomat
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak:

  1. Setelah jengkol dikupas kulitnya, belah jengkol menjadi dua bagian kemudian gencet jengkol, dan cuci bersih
  2. Panaskan minyak untuk menggoreng jengkol. Goreng jengkol hingga berubah warna. Gunakan api sedang saja.
  3. Setelah berubah warna angkat dan tiriskan.
  4. Sambil menggoreng jengkol, siapkan bumbu masaknya. Haluskan bahan-bahan berikut; cabe keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat. Giling hingga halus.
  5. Panaskan kembali minyak untuk menumis bahan yang telah dihaluskan tadi. Tumis bumbu hingga harum. Tambahkan garam dan gula, cicipi terlebih dahulu. Setelah dirasa pas, masukkan jengkol goreng tadi. Aduk-aduk hingga benar-benar rata, dan diamkan sejenak hingga bumbu meresap ke dalam jengkol
  6. Setelah dirasa cukup meresap angkat dan siap untuk disajikan.
Demikianlah resep kita kali ini, gampang kan? Sekarang saatnya Ibu mencobanya dirumah, dan awas kejengkolan. Ikuti terus Resep Dapur Resepi dan dapatkan Informasi dan resep lainnya. Terimakasih.

Baca : Cara Membuat Sup Minestrone Dengan Mudah
           Cara Membuat Puding Telur Mata Sapi Untuk Anak-anak
           Cara Membuat Bubble Tea With Peanut

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser