-->

Cara Membuat Sambal Pecel Lele Gurih Dengan Dua Cara

Assalammualaikum Ibu, kembali lagi. Kali ini kita akan berbagi cara membuat Sambal Pecel Lele Gurih. Ibu yang masih perlu diperhatikan, bahwa makanan itu tidak hanya mengutamakan rasa, tapi yang tak kalah penting bagaimana cara penyajiannya, bagaimana tampilannya. Karena selera itu dapat dibangkitkan melalui tampilan, bagaimana orang tertarik untuk mecoba masakan kita. Walaupun yang akan kita buat ini hanya sambal.
Penting untuk diperhatikan Ibu, pecel lele itu amat bergantung pada kualitas sambalnya. Kalau sambalnya enak, tak hanya lele yang terasa enak, apapun pasangannya, ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, mentimun, daun kemangi, daun seledri, bahkan daun kolnya pun terasa enak.
Baiklah Ibu langsung saja kita mulai. Kali ini porsi yang akan kita buat sebanyak 1 piring kecil.

Bahan-bahan yang kita butuhkan:
1. 7 buah cabe merah
2. 5 buah cabe rawit (disesuaikan dengan selera ibu, seberapa pedas yang diinginkan)
3. 1 buah tomat ukuran yang agak besar atau 2 buah tomat ukuran kecil
4. 3 buah bawang merah
5. 1 buah bawang putih* (jangan terlalu banyak menggunakan bawang putih, akan menimbulkan rasa ranguh)
4. 1 sendok makan gula pasir
5. garam secukupnya
6. 2 biji kemiri
7. Minyak goreng Secukupnya
8. Biji Wijen secukupnya
9. Gula merah secukupnya* (lebih kurang 100gr dan jangan terlalu banyak menggunakan gula merah, rasa dari bumbu akan tertutupi oleh rasa gula merah).

Berikut tampilan dari Sambal Pecel Lele Gurih.



Cara membuatnya:
1.  Yang perlu ibu perhatikan, pengaturan api dalam memasak sangatlah penting. Jangan menggunakan api terlalu besar.
2. Panaskan minyak goreng secukupnya.
3. Goreng bahan-bahan berikut: cabe merah, cabe rawit, bawang merah, kemiri. Goreng hingga berubah warna, jangan sampai gosong. Setelah berubah warna, angkat dan tiriskan bahan-bahan tersebut. Setiap bahan waktu penggoreng berbeda, maka angkat terlebih dahulu bahan yang sudah berubah warna. Untuk kemiri usahakan masak sampai kebagian dalamnya, maka penting untuk menggunakan api yang kecil saja. Agar kemiri tidak gosong sebelum masak seluruhnya.
4. Setelah bahan-bahan tadi diangkat seluruhnya, biarkan minyak tetap dipenggorengan, kemudian masukkan tomat tadi. Maka dari sini ada 2 Cara Membuat Sambal Pecel Lele Gurih.
Cara Pertama:
Membuat saos tomat dengan memanfaatkan minyak goreng. Caranya Apabila minyak goreng tadi terlalu banyak, maka kurangi terlebih dahulu. Kemudian masukkan tomatkan, tunggu hingga tomat menjadi layu. Kemudian hancurkan tomat, anduk di dalam minyak hingga merata. Setelah itu, matikan kompor. Biarkan tomat didalam penggorengan.
Kemudian haluskan bahan-bahan yang telah ditiriskan tadi. Ibu bisa menggunakan Blender atau cobek batu. Tapi sebaiknya ibu menggunakan cobek batu, karena bahan-bahan tersebut tidak perlu terlalu halus.
Kemudian tambahkan garam secukupnya, jangan terlalu banyak memberi garam, karena apabila terlalu asin masakan akan menjadi rusak, garam dapat ditambahkan sewaktu-waktu. Masakan ketika akan disantap pun bisa ditambahkan garam.
Setelah bahan-bahan tadi sudah dihaluskan semua, nyalakan kembali kompor. Panaskan kembali saos tomat yang kita buat tadi, kemudian masukkan semua bahan tadi kedalam saos tomat, aduk hingga rata. Tambahkan gula secukupnya (± 1 sdm saja) sebagai pengganti penyedap masakan.
Kemudian tambahkan gula merah, jangan terlalu banyak menggunakan gula merah. Gula merah hanya untuk memberi warna lebih pekat kepada sambal. Apabila terlalu banyak, rasa sambal akan tertutupi oleh rasa gula merah. Aduk hingga rata. Sambal telah selesai, tuangkan kedalam mangkuk. Taburkan biji wijen keatasnya. Sambal Pecel Lele siap disajikan.
Cara Kedua:
Goreng tomat hingga matang, jaga api agar tetap kecil agar tomat tidak menjadi gosong. jangan hancurkan tomat. Setelah matang, angkat tomat dan tiriskan. Jangan lupa matikan kompor.
Sama seperti cara pertama, haluskan semua bahan dengan menggunakan cobek, yang berbeda hanya tomat dihaluskan menggunakan cobek. masukkan semua tomat tadi kedalam bahan yang sedang dihaluskan dengan cobek, tambahkan garam, gula, dan gula merah seperti keterangan cara pertama tadi. setelah tercampur merata, taburkan biji wijen ke atasnya. Sambal pecel lele Gurih siap disantap.

Sebagai catatan, untuk rasa cara kedua lebih segar, karena tidak terlalu banyak menggunakan minyak. Silakan Ibu coba dirumah, sesuaikan dengan selera Ibu, cara yang mana yang Ibu suka. Terimakasih Ibu, nantikan resep selanjutnya.
Baca : Cara Membuat Puding Mata Sapi Untuk Anak-anak

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser