-->

Resep Dorayaki Coklat Praktis

Resep Dapur Resepi - Kali ini RDR akan berbagi resep yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, walaupun kue ini sudah cukup dikenal namun tak sedikit orang yang belum mencobanya. Kue ini cukup dikenal karena kue ini sering muncul diserial anime Jepang yang berjudul Doraemon dan Nobita, kue yang menjadi kesukaan Doraemon.

Tahukah Ibu dorayaki merupakan kue tradisional Jepang. Di tempat asalnya dorayaki menggunakan isian selai kacang merah, dan kulitnya menggunakan campuran madu. Sehingga kulit dorayaki memiliki tekstur yang lembut. Namun di Indonesia dorayaki mulai disesuaikan dengan selera lokal, dorayaki di Indonesia biasanya menggunakan isian keju atau coklat.

Asal usul dorayaki, pada mulanya dorayaki hanya terdiri dari satu lembar kue bundar dengan pinggirannya dilipat sehingga akan membentuk persegi dan bagian tengahnya diberi selai kacang. Kemudian pada tahun1914 sebuah perusahaan Jepang memperkenalkan dorayaki yang dibuat dengan adonan castella yang terdiri dari 2 buah panekuk. Dan sejak itu dorayaki mulai populer diseluruh Jepang dengan tampilan seperti itu.

Kue ini diberi nama dorayaki karena berbentuk seperti gong, dalam bahasa Jepang dora artinya gong. Ada kisah lain yang mengatakan bahwa pencipta kue ini adalah seorang samurai yang bernama Saito Musashibo Benkei. Disaat itu ia sedang megalami luka-luka sehingga harus dirawat di rumah penduduk, dan ketika sembuh sang samurai membuat adonan dan memanggangnya dengan menggunakan gong. Dan kemudian dia mengisi dengan selai kacang, dan diberikannya kepada warga yang merawatnya sebagai ucapan terimakasih.

Demikianlah Ibu sedikit informasi mengenai dorayaki. Baiklah langsung saja kita menuju resep.





Bahan-bahan:

1. Bahan kulit:

  • 100 gram Tepung terigu protein sedang (baca: Macam-macam Tepung dan Penjelasannya)
  • 2 butir telur
  • 25 gram coklat bubuk
  • 1 1/2 sdm tepung sagu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 100 gram gula pasir
  • 100 ml susu cair
  • 50 gram margarin

2. Bahan isian:

  •  75 ml krim kental
  • 150 gram coklat batang

Cara membuat:

  1. Siapkan terlebih dahulu bahan isian, panaskan krim kental dan masukkan juga coklat batang, agar lebih mudah mencair, potong-potong terlebih dahulu coklat batang. Panaskan hingga meleleh dan aduk hingga rata. Setelah rata angkat.
  2. Selanjutnya siapkan adonan kulit atau rotinya, siapkan wadah dan masukkan telur dan gula. Kemudian kocok hingga menjadi kental.
  3. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, tepung sagu dan baking powder. Masukkan bahan-bahan ini dengan cara diayak, dan sambil kocok perlahan. 
  4. Tambahkan margarin dan susu cair, kocok kembali hingga rata.
  5. Selanjutnya setelah adonan selesai, siapkan cetakan untuk membentuk dorayakinya. Panaskan cetakan, kemudian masukkan adonana ke dalam cetakan. Panaskan hingga matang. Buatlah sesuai kebutuhan dengan jumlah genap.
  6. Setelah matang, angkat pancake atau kulit dorayaki, kemudian oleskan isian dorayaki kebagian sisi datar dari kulit dorayaki. Setelah itu tutup dengan kulit lainnya.
  7. Dorayaki kita siap untk disajikan.
Demikianlah resep kita kali. Tidak begitu sulit bukan, ikuti terus Resep Dapur Resepi dan dapatkan informasi dan resep lainnya. Terimakasih.

Baca : Cara Membuat Soto Betawi
           Cara Membuat Bubble Tea With Peanut

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser