-->

Resep Asam Manis Ikan Nila Pedas dan Gurih

Assalamu'alaikum Ibu, Kembali lagi bersama Resep Dapur Resepi, kali ini kembali akan berbagi mengenai Resep Asam Manis Ikan Nila Pedas dan Gurih. Mendengarnya saja sudah mulai terasa di lidah. Dimakan dengan nasi hangat dan ditambah dengan es jeruk, pokoknya mantap..
kuliner dengan bahan dasar ikan memang banyak digemari orang. Dalam resep ini kita akan menggunakan bahan dasar ikan nila. Alasannya karena ikan nila memiliki daging yang cukup tebal, tulangnya pun tidak mudah hancur, relatif murah, dan mudah didapat. Apalagi pada saat kondisi ekonomi lemah seperti sekarang ini, alasan harga bisa jadi pertimbangan utama.

Baiklah Ibu-ibu daripada hanya membayangkan saja, mari kita menuju dapur. Saya percaya Ibu tidak akan kesulitan dalam mempelajarinya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 1 ekor ikan nila
  • 5 buah cabe merah panjang
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 5 buah cabe rawit hijau (tujuan merah dan hijau untuk mempercantik tampilan dalam penyajian)
  • 3 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 siung bawang bombay
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 sendok teh Garam (secukupnya)
  • 2 sendok makan Gula pasir (secukupnya)
  • 2 buah tomat
Cara membuat:
  1. Olah ikan nila terlebih dahulu, bersihkan ikan, potong memanjang bagian perut ikan, keluarkan isi perutnya. Lakukan seperti biasa. Kemudian iris-iris bagian sisi ikan, sesuai selera Ibu, tujuannya agar ikan lebih renyah dan bumbu lebih meresap.
  2. Haluskan bawang putih dan garam kemudian tambahkan air, sebagai rendaman ikan sebelum digoreng.
  3. Goreng ikan dengan api sedang saja, agar ikan menjadi lebih renyah dan matang merata. Sambil menunggu ikan matang, Ibu bisa sambil menyiapkan saus asam manisnya.
  4. Setelah matang angkat dan tiriskan, selanjutnya kita menuju proses pembuatan asam manisnya.
  5. Iris memanjang cabe merah panjang, cabe rawit merah, cabe rawit hijaudan bawang bombay.
  6. Iris tomat berbentuk dadu
  7. Cincang kasar bawah putih
  8. Iris tipis bawang merah
  9. Setelah itu siapkan penggorengan, tuangkan minyak secukupnya. Gunakan api yang sedang saja. Masukkan bawang merah, bawang putih, tumis hingga harum.
  10. Kemudian masukkan tomat yang sudah diiris tadi.
  11. Tambahkan gula, kemudian garam. Cicip terlebih dahulu, apabila sudah dirasa cukup, masukkan cabe merah panjang, cabe rawit merah, cabe rawit hijau, irisan bawang bombay. Tumis sebentar.
  12. Setelah harum, masukkan ikan nila, aduk hingga saus merata keseluruh permukaan ikan, diamkan sampai saus dirasa sudah cukup meresap ke dalam ikan. Setelah itu matikan kompor.
  13. Asam manis ikan nila pedas dan gurih dusah siap disajikan. Ibu bisa menambahkan topping diatasnya, seperti daun bawang, timun, daun seledri agar lebih menggoda selera.
Selesai sudah resep kita kali ini Resep Asam Manis Ikan Nila Pedas dan Gurih, tidak sulit kan Ibu. Sekarang Ibu tinggal mencobanya di rumah. Terimakasih Ibu silakan ibu berbagi resep ini kepada saudara dan teman Ibu. Ikuti terus Resep Dapur Resepi dan nantikan resep selanjutnya.

Baca: Cara Membuat Sambal Pecel Lele Gurih Dengan Dua Cara

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser