-->

Cara Membuat Puding Coklat Berlumur Saus Vla Untuk Keluarga

Puding merupakan salah satu makanan yang banyak digemari, baik tua maupun muda, orang tua apalagi yang tidak punya gigi, yang pasti seluruh keluarga menyukainya.
Dan hari ini kita akan berbagi cara membuat puding coklat sederhana untuk keluarga. Nantinya puding ini akan kita buat agar memiliki tekstur yang kenyal dan pasti enak rasanya.


Baiklah Ibu langsung saja menuju cara pembuatannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan.
A. Bahan Puding Coklat
     - 1 bungkus agar-agar bubuk
     - 100 gram gula pasir
     - ½ sendok teh garam
     - ½ kaleng susu kental manis rasa coklat (sesuaikan dengan kebutuhan)
     - 1 sendok makan coklat bubuk
     - 1 liter air mineral atau gunakan susu cair.

B. Bahan Saus Vla
     - 1 kaleng susu evaporated, apa itu susu evaporated, yaitu susu yang kadar airnya sudah dikurangi atau diuapkan. Susunya lebih kental dari susu kental manis, warnanya lebih pekat dan lebih cream. 
     - 200 ml susu cair
     - 4 sendok makan gula pasir putih
     - 2 sendok teh tepung custard, apa itu tepung custard, yaitu tepung yg dibuat dari campuran tepung kentang atau maizena, gula, susu dan kuning telur dan bahan pengental lainnya. Berbentuk bubuk halus berwarna kekuningan.
     -  ½ sendok teh vanila extract
     - 2 sendok teh tepung maizena

Cara Pembuatan Puding Coklat :
1. Siapkan terlebih dahulu mangkuk dengan ukuran yang agak besar, kemudian masukkan semua bahan untuk membuat puding coklat kecuali gula dan garam. Kemudian diaduk hingga merata dan berubah menjadi larutan. Setelah itu disaring, dan masukkan ke dalam panci.
2. Masukkan bahan selanjutnya, yaitu gula dan garam. aduk hingga tercampur rata. Masak hingga mendidih, dan gunakan api sedang saja dengan sesekali diaduk. Setelah mendidih angkat dan diamkan hingga uap panasnya hilang.
3. Siapkan cetakan atau wadah, dengan bentuk sesuai dengan selera Ibu, kemudian tuangkan puding coklat ke dalam cetakan tadi. Agar puding mudah dilepas dari cetakan, ibu bisa membasahi sisi cetakan terlebih dulu dengan air. Tuang perlahan, setelah itu masukkan puding kedalam lemari pendingin, diamkan hingga puding benar-benar keras.

Cara Pembuatan Saus Vla :
1. Siapkan wadah yang lain, kemudian masukkan semua bahan saus vla kecuali gula dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata, setelah itu disaring.
2. Masukkan bahan-bahan yang sudah tercampur tadi ke dalam panci. Tambahkan gula dan garam, kemudian masak dengan menggunakan api sedang saja, tunggu hingga mendidih. Kemudian angkat dan diamkan hingga saus vla menjadi dingin.
3. Ambil Puding coklat sudah keras dari dalam lemari pendingin, kemudian tuangkan saus vla ke atasnya.
4. Ibu bisa menambahkan taburan coklat, cerry atau sesuai selera ibu untuk mempercantik tampilannya.

Selesai sudah, Puding Coklat Berlumur Saus Vlas siap disajikan. Gampang kan Ibu-ibu. Sekarang ibu bisa coba di dapur. Nantikan resep selanjutnya. Terimakasih.

Baca: Cara Membuat Puding Mata Sapi Untuk Anak-anak

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser